Peranan Penting Bakesbangpol di perhelatan Pilkada Garut .

Uncategorized176 Views

Garut,Dinamika Post,- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Bakesbangpol ) Merupakan badan yang menaungi berbagai macam Elemen baik dari mulai Ormas ,LSM,Partai Politik Sampai ke masalah Keagamaan di mana peranannya sangat penting dalam setiap momen-momen kontestasi politik seperti pileg, Pilkada, Pilgub dan pemilihan presiden Republik Indonesia.

Keterkaitan dengan persiapan Pilkada hari ini sebagai bagian dari DES Pilkada mungkin Bakesbangpol sendiri sebagai peran pemerintah yang membantu penyelenggara pemilihan umum Baik Bawaslu Maupun KPU ,

Sebagai anggota DES Pilkada tentunya Bakesbangpol sendiri mempunyai peranan yang sangat penting dan berupaya melakukan fasilitas dan bantuan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi nya .

Seperti apa yang di kemukakan oleh kepala Badan kesatuan Bangsa dan Politik ( Bakesbangpol ) Kabupaten Garut H.Nurrodhin saat di wawancarai di ruangannya ,Senin 2/9/2024.

Beliau, H Nurrodhin mengatakan bahwa ada Beberapa kegiatan yang di fasilitasi ole Bakesbangpol Garut dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak ini Baik Pilbup maupun Pilgub.

” Yang pertama tentunya kita memfasilitasi untuk pembiayaan penyelenggaraan Pilkada baik KPU Bawaslu maupun pengamanan TNI dan Polri dan Alhamdulillah semua sudah disalurkan kepada pihak-pihak terkait.( KPU, Bawaslu ,TNI dan Polri .),Kemudian yang kedua tentunya kita sebagai anggota Des Pilkada juga melakukan upaya-upaya bantuan dalam rangka memperlancar pelaksanaan kegiatan mungkin hari ini sampai dengan tahapan pendaftaran kita masih belum terlalu terlibat namun Nanti pada saat akan dilaksanakan penyelenggaraan kampanye kita akan terlibat ” Ucapnya.

Lebih lanjut H.Nurrodhin pun menyatakan bahwa kesbangpol akan terlibat dalam pengalokasian lokasi tempat di mana dilaksanakan kampanye Kemudian pada saat pendistribusian logistik Pemilu nanti kita juga fasilitasi untuk memperlancar logistik kemudian kita juga nanti akan membantu juga untuk melakukan monitoring pada saat pelaksanaan kegiatan pemungutan suara sampai pendistribusian nanti kotak suara ke tempat yang telah ditentukan.

Masih dikatakan H.Nurrodhin bahwa salah satu tugas Bakesbangpol adalah melakukan Sosialisasi terhadap Masyarakat dan memastikan apakah sudah atau belum terdaftar sebagai pemilih .

“Salah satu upaya kita yang lain adalah melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat tentang pelaksanaan Pilkada itu sendiri dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat ataupun Para pemilik mengingatkan mereka Apakah mereka sudah terdaftar dalam hak pilih atau belum, yang terpenting adalah kita menginginkan partisipasi masyarakat dengan penuh kesadaran untuk hadir pada saat pemungutan suara Pemilu,atau Pilkada nanti.”Pungkasnya