9 Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh

DINAMIKAPOST.COM – Vitamin C atau yang dikenal dengan asam askorbat dapat membantu tubuh dalam pembentukan jaringan dan sistem pertahanan tubuh. Asupan vitamin C yang cukup juga dapat membantu seseorang terlindungi dari serangan penyakit karena sistem pertahan tubuh yang kuat.

Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh
Fungsi vitamin C dalam tubuh cukup penting, tidak hanya bagi tubuh tetapi juga untuk kulit. Nutrisi ini berperan besar mendukung daya tahan tubuh serta kesehatan kulit. Tidak hanya itu, masih ada beberapa khasiat vitamin C bagi tubuh yang bisa Anda dapatkan, berikut di antaranya.

1. Membantu Mengelola Tekanan Darah Tinggi
Apabila Anda memiliki riwayat hipertensi esensial/primer, cobalah untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan vitamin C. Dalam berbagai penelitian (yang masih terbatas), ditunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Tak terkecuali pada penderita hipertensi, di mana tekanan sistolik dan diastolik turun signifikan dengan suplementasi vitamin C >= 500 mg/hari. Suplemen vitamin C juga diketahui mampu menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 4,9 mmHg dan diastolik sebesar 1,7 mmHg.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat vitamin C selanjutnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan fungsi sel darah putih (limfosit dan neutrofil). Oleh karena itu, menjaga asupan vitamin C di dalam tubuh merupakan hal yang penting.

Selain kekebalan pada tubuh, vitamin C juga memperkuat pertahanan sel epitel kulit. Mengingat fungsi kulit cukup krusial, yaitu melindungi tubuh dari udara, lingkungan, hingga bakteri dan mikroba lain. Dan sebagai antioksidan, vitamin C turut melindungi sel kekebalan tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Mencegah Tubuh Kekurangan Zat Besi
Apabila tubuh kekurangan zat besi, maka akan terjadi anemia defisiensi besi, yaitu kondisi di mana sel darah merah tidak memiliki cukup zat besi. Perlu Anda ketahui bahwa sel darah merah memerlukan zat besi untuk mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh.

Jadi, apabila terjadi defisiensi besi, maka peredaran oksigen akan terhambat. Nah, Anda dapat mencegah hal tersebut dengan mencukupi kebutuhan vitamin C, karena proses penyerapan zat besi oleh tubuh meningkat dengan adanya vitamin C pada saluran pencernaan.

4. Mengurangi Risiko Penyakit
Salah satu kegunaan vitamin C yang cukup penting adalah sebagai antioksidan alami bagi tubuh. Antioksidan akan melindungi berbagai sel tubuh dari radikal bebas. Tanpa adanya antioksidan, maka sel tubuh akan lebih rentan mengalami mutasi atau kerusakan yang dapat memiliki efek bahaya.

Kurangnya antioksidan dapat menjadi pemicu dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung hingga kanker. Oleh karena itu, asupan vitamin C yang cukup sebagai antioksidan dapat membantu tubuh mengurangi risiko penyakit.

5. Menjaga Kekencangan Kulit
Selain untuk tubuh, khasiat vitamin C juga bisa dirasakan pada kulit. Vitamin ini dapat mendorong produksi kolagen dan melindungi sel kulit dari kerusakan. Kolagen merupakan salah satu protein utama pembentuk struktur kulit, di mana produksinya dapat menurun akibat radikal bebas dari lingkungan dan penuaan.

Nah, manfaat vitamin C untuk kulit adalah membantu mempertahankan produksi kolagen sehingga kulit tetap tampak sehat dan kencang. Oleh karena itu, vitamin C dapat bekerja untuk menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh.

6. Menurunkan Kolesterol
Manfaat vitamin C selanjutnya cukup baik bagi penderita kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C sebanyak 500 miligram per hari mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein).

Trigliserida dan kolesterol adalah kolesterol jahat yang dapat menyebabkan pembentukan plak pada pembuluh darah dan berdampak buruk pada tubuh. Untuk menghindari kondisi tersebut, kehadiran vitamin C diperlukan guna menjaga kadar trigliserida dan kolesterol LDL tetap terkendali.

7. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
Manfaat vitamin C secara tidak langsung juga berperan dalam penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan proses penyembuhan luka memerlukan banyak protein, seperti kolagen. Nah, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, vitamin C mendorong produksi kolagen dan luka dapat disembuhkan karena pembentukan jaringan baru lebih cepat.

8. Mencegah Penyakit Asam Urat
Penyakit asam urat dapat terjadi apabila kadar asam urat dalam darah cukup tinggi. Kemudian asam urat tersebut akan membentuk kristal yang menyebabkan nyeri pada persendian.

Menariknya, khasiat vitamin C berpotensi mencegah terjadinya asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C selama 30 hari dapat menurunkan kadar asam urat di dalam darah.

9. Mengurangi Risiko Gangguan pada Mata
Kegunaan vitamin C selanjutnya ada untuk kesehatan mata. Vitamin ini mampu memperlambat proses terjadinya katarak dan degenerasi makula (gangguan mata akibat kerusakan bagian retina yang disebut makula).

Hal ini dikarenakan katarak dan degenerasi makula terjadi akibat kerusakan protein dan matriks ekstraseluler yang kaya akan kolagen sehingga dapat dicegah dengan suplementasi vitamin C. Jadi tidak hanya vitamin A saja, Anda juga bisa mengoptimalkan konsumsi vitamin C untuk menjaga kesehatan organ mata.