Catat, Ini 5 Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan

banner 468x60

DINAMIKAPOST.COM — Kacang almond dikenal sebagai jenis kacang-kacangan yang memiliki rasa unik nan lezat. Mengonsumsi kacang almond secara rutin bisa bantu kamu menurunkan berat badan, serta mencegah terjadinya penyakit hipertensi dan kolesterol.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mengonsumsi kacang almond secara langsung sebagai camilan atau mengolahnya menjadi susu almond.

banner 336x280

Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai manfaat kacang almond bagi kesehatan tubuh berikut ini!

Kandungan Nutrisi dalam Kacang Almond

Menurut data dari USDA Food Data Central, ada berbagai kandungan nutrisi dalam 100 gram kacang almond, seperti:

  • Air: 4,41 gram.
  • Energi: 579 kkal.
  • Protein: 21,2 gram.
  • Lemak: 49,9 gram.
  • Karbohidrat: 21,6 gram.
  • Serat: 12,5 gram.
  • Kalsium: 269 mg.
  • Kalium: 733 mg.
  • Natrium: 1 mg.
  • Fosfor: 481 mg.
  • Seng: 3,12 mg.
  • Mangan: 2,18 mg.
  • Selenium: 4,1 mg.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, kacang almond merupakan kacang kedua terbanyak yang dikonsumsi di seluruh dunia setelah kacang tanah. Sekitar 1,19 juta ton kacang almond dikonsumsi tepatnya di tahun 2018.

Beragam Manfaat Kacang Almond 

Manfaat sehat kacang almond didapat dari beragam nutrisi di dalamnya seperti protein, karbohidrat, serat, lemak, magnesium, fosfor, kalium, protein, hingga vitamin E.

Secara umum, berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengonsumsi kacang almond:

1. Menurunkan risiko penyakit 

Kacang almond memiliki kandungan antioksidan, sehingga dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit, terutama kanker. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi kacang ini bisa membantu mengurangi kadar radikal bebas di dalam tubuh yang bisa menjadi pemicu kanker.

2. Kolesterol lebih terkontrol 

Orang yang rutin mengonsumsi kacang almond juga cenderung memiliki kolesterol yang lebih terkontrol. Hal ini berkat kandungan vitamin E yang ada di dalamnya. Vitamin E bisa melindungi sel darah dari kerusakan, sekaligus mencegah penyumbatan arteri akibat kolesterol.

Selain itu, mengonsumsi jenis kacang ini juga disebut bisa mencegah kenaikan kadar gula darah. Sebab, kacang almond memiliki indeks glikemik yang rendah.

3. Mencegah hipertensi

Kacang almond kaya akan kandungan magnesium yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Itulah mengapa, jenis makanan ini bisa membantu mencegah dan menurunkan risiko hipertensi.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, konsumsi kacang almond utuh sebagai camilan, tanpa tambahan garam atau bahan lainnya.

4. Tubuh lebih sehat 

Manfaat kacang almond berikutnya yaitu bisa menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kacang almond merupakan sumber antioksidan, yang bisa bantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif.

Selain itu, jenis kacang ini bisa membantu meningkatkan lemak baik dalam tubuh, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Menurunkan berat badan

Bagi yang sedang diet, kacang almond bisa dijadikan sebagai camilan pilihan sehari-hari. Kandungan serat yang tinggi bisa memberi efek kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan bisa lebih ditekan.

Manfaat yang satu ini salah satunya disebutkan dalam hasil penelitian yang dipublikasikan oleh National Library of Medicine di tahun 2013. Sebanyak 137 peserta selama empat minggu mengonsumsi kacang almond sebanyak 1,5 ons atau 43 gram setiap hari. Hasilnya, secara signifikan dapat mengurangi rasa lapar dan keinginan untuk makan.

Itulah ragam manfaat kacang almond bagi kesehatan tubuh. Selain makan kacang almond, kamu juga perlu konsumsi multivitamin tambahan.

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *